Epidemiologist

Epidemiologist
Epidemiologists help with study design, collection and statistical analysis of data, and interpretation and dissemination of results (including peer review and occasional systematic review). Epidemiology has helped develop methodology used in clinical research, public health studies and, to a lesser extent, basic research in the biological sciences

Kamis, 09 Januari 2014

Batu Ginjal Dan Penyebabnya

Batu Ginjal Dan Penyebabnya

batu ginjalBatu ginjal adalah endapan yang terbentuk di dalam ginjal, memiliki massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi. Nyeri yang begitu hebat sehingga Anda tidak bisa duduk atau menemukan posisi yang nyaman, nyeri yang disertai dengan mual dan muntah, nyeri yang disertai dengan demam dan menggigil, ada darah pada urin dan sulit buang air kecil merupakan beberapa gejala dari batu ginjal.
Batu ginjal disebabkan karena beberapa faktor, seperti :
  • Terlalu lama menahan kemih akan menyebabkan pekatnya kadar garam dalam urin sehingga mengendap menjadi batu dalam saluran kemih.
  • Kurang minum air putih juga dapat menjadi penyebab batu ginjal sehingga jumlah urin yang dikeluarkan dari tubuh kurang.
  • Penyebab lain bisa juga disebabkan karena kelebihan vitamin D, kadar asam urat, atau terlalu banyak mengonsumsi kalsium.

Pengobatan Batu Ginjal Secara Tradisional

Batu Ginjal di dalam saluran kemih (kalkulus uriner) adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi. Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih (batu kandung kemih). Proses pembentukan batu ini disebut urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis).
1. Pepaya
7 lembar daun pepaya
Cara membuat dan menggunakan :
- Hari Pertama, 3 lembar daun pepaya yang masih segar direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus.
- Hari Kedua, 5 lembar daun pepaya yang masih segar direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus.
- Hari Ketiga, 7 lembar daun pepaya yang masih segar direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus.
- Untuk menutupnya ditambah dengan minum air kelapa muda, yang dipilih dari buah kelapa hijau.
Catatan : bagi yang mengidap hipertensi tidak boleh minum resep ini.
2. Kemuning
Cuci bersih 30 g daun kemuning segar, lalu jus dalam 150 ml air. Saring hasil jusnya, lalu minum sekaligus satu kali sehari.
Posted in Cara Mengobati Batu GinjalObat Batu Ginjal | Tagged , | Leave a comment

Pengobatan Batu Ginjal Secara Alami

Batu ginjal terbentuk oleh pengendapan senyawa mineral dan organik, sehingga batu ginjal akan berkurang dan hilang oleh adanya pelarutan batu. Pelarutan batu bisa terjadi oleh air minum dan tanaman obat yang berfungsi diuretik dan menghancurkan batu.
Batu dalam ginjal menimbulkan infeksi, peradangan dan mungkin perdarahan sehingga perlu diobati dengan tanaman obat yang berfungsi antibiotik, anti-inflamasi dan hemostatik.
Akibat tekanan batu ginjal, infeksi dan peradangan akan terjadi penurunan fungsi ginjal.Namun batu ginjal yang sudah terdeteksi sebenarnya dapat diatasi dan diobati dengan melakukan beberapa cara berikut :
1. Jika batu ginjal masih kecil, tidak menyumbat serta belum menimbulkan infeksi, banyak-banyaklah minum air putih sedikitnya 2,5 liter per hari. Dengan minum banyak cairan akan meningkatkan produksi air seni sehingga membantu mendorong membuang batu tersebut.
2. Batu yang berukuran 1 cm akan menyumbat pelvis renalis (bagian ginjal yang berfungsi sebagai corong yang mengalirkan air kemih ke ureter), sehingga hanya bisa dipecahkan dengan gelombang ultrasonik.
3. Batu kecil dalam ureter bagian bawah bisa diangkat dengan teknik endoskopi (alat terbentuk pipa kecil panjang yang dimasukkan dalam tubuh. Dalam pipa tersebut terdapat 2 buah serat optik).
4. Batu ginjal yang ukurannya besar akibat asam urat butuh diangkat dengan cara pembedahan.
Posted in Cara Mengobati Batu GinjalObat Batu Ginjal | Tagged , | Leave a comment

Mengobati Batu Ginjal

Ginjal yang mengalami gangguan merupakan hal yang sangat tidak nyaman dan cukup menyiksa. Kondisi ini umumnya melanda pada mereka yang tidak memiliki pola hidup yang sehat.
Selain pola hidup yang tidak sehat yang dapat dijadikan penyebab dari penyakit ginjal itu timbul adalah rutinitas yang setiap hari dilakukan dengan kategori melakukan suatu pekerjaan yang cukup berat hingga mengeluarkan banyak energi sehingga mengakibatkan pola makan dan kurangnya perhatian terhadap kondisi tubuh dan sangat beresiko terutama bagi mereka yang memiliki masalah pada saluran pembuangan.
Seseorang yang mengalami gangguan pada ginjal biasanya akan mengalami gejala seperti adanya rasa pegal pada bagian pinggang. Jika sering mengalami gejala demikian dapat dikatakan seseorang mengalami gangguan pada ginjal.
Oleh karenanya penyakit ginjal ini dianggap ringan, karena bila terdeteksi mengidap penyakit gangguan ginjal tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan perawatan ataupun pengobatan. Jika sakit ginjal yang dirasakan cukup parah seseorang harus menjalani perawatan cuci darah secara rutin.
Berikut ini ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan pada ginjal, diantaranya adalah :
1. Kurangi konsumsi minuman bersoda. Diperbolehkan mengkonsumsi minuman bersoda namun takaran dan jumlahnya harus dibatasi atau dikurangi. Karena minuman yang mengandung soda hanya akan membuat kerja organ ginjal akan semakin buruk dan membuat ginjal menjadi kering serta cairan penting untuk menjaga kesehatan ginjal menjadi kurang, ginjal semakin kehilangan cairan.
2. Banyak mengkonsumsi air putih. Air putih memberi manfaat yang cukup besar dalam kehidupan, terutama sangat efektif untuk menjaga kesehatan ginjal. Konsumsi air putih setiap hari minimal 1-2 liter perhari atau setara dengan 10 gelas atau lebih disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan tubuh akan cairan.
3. Jangan menunda buang air kecil. Seringnya menahan buang air kecil hanya akan mengundang suatu gangguan kesehatan terutama pada saluran kencing atau yang sering disebut dengan ISK.
4. Jangan membiasakan duduk terlalu lama. Pada mereka yang keseharian dalam pekerjaan dihabiskan dengan duduk terlalu lama, disarankan untuk sering bergerak melemaskan otot-otot pinggang agar ginjal tidak merasa tertekan, bila perlu mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya sehingga rasa ingin berkemih sering muncul hal tersebut dimaksudkan agar ginjal tidak terasa nyeri ketika beranjak dari tempat duduk dan ginjal tidak kekurangan cairan. Bagi mereka yang sering membawa kendaaran dalam jarak jauh disarankan pula untuk sering beristirahat, berkemih dan banyak minum air putih agar ginjal tidak merasa ginjal.
Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kemungkinan akan resiko terserang penyakit ginjal dan sejenisnya atau sedikit menepis kemungkinan terjangkit penyakit gangguan ginjal.

Pengobatan Batu Ginjal

Ginjal yang merupakan organ tubuh manusia yang sangat penting. Didalam tubuh setiap manusia memiliki 2 pasang ginjal yang terletak disebelah kanan dan kiri pada bagian dari tulang belakang tubuh. Ginjal membutuhkan perawatan dan dijaga kesehatannya.
Salah satu cara untuk menjaga kesehatan sekaligus perawatan yang baik adalah dengan rutin mengkonsumsi air putih setiap harinya. Dengan melakukan hal tersebut merupakan salah satu langkah terbaik agar terhindar dari resiko penyakit ginjal kronis dan gangguan penyakit lainnya.
Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai salah satu upaya dalam merawat dan menjaga kesehatan ginjal bagi kelangsungan hidup yang diantaranya adalah :
1. Konsumi air minum
Dengan memperbanyak konsumsi air putih setiap hari tubuh tidak akan pernah takut kekurangan cairan atau dehidrasi. Air putih banyak memberi manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Terutama bagi mereka yang memiliki rutinitas yang padat dan mungkin banyak menghabiskan waktu bekerja dengan duduk, berdiri atau bekerja diluar ruangan serta pekerjaan fisik yang berat, membutuhkan cairan tubuh yang cukup banyak.
Karena apabila tubuh kekurangan cairan akan membuat fungsi kerja organ ginjal menjadi berat yang berakibat pada ginjal semakin cepat mengalami peradangan, kerusakan bahkan infeksi, fungsi organ tubuh lainnya dan tingkat kesehatan pun akan mengalami gangguan lainnya.
Apabila memiliki kebiasaan atau gemar mengkonsumsi kopi, alkohol dan minuman bersoda sebaiknya dihindari atau dikurangi karena akan mengganggu fungsi kerja ginjal. Jika minuman tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama akan semakin memperparah dan merusak fungsi dan kerja ginjal.
2. Mengatur pola hidup yang sehat
Pola hidup yang tidak sehat dan tidak seimbang juga dapat mempengaruhi kerusakan pada ginjal dan gangguan fungsi ginjal. Menerapkan pola hidup yang sehat dan seimbang dengan memenuhi sumber komponen gizi dan nutrisi serta mineral dapat menjadi salah satu kunci agar terhindar dari resiko penyakit ginjal dan sejenisnya.
Rajin melakukan olahraga minimal 2-3 kali dalam seminggu akan membantu dalam mengatur metabolisme dalm organ di dalam tubuh, termasuk fungsi dan kerja ginjal.
Hindari pula pemakaian dan penggunaan obat-obatan dalam jangka waktu yang lama karena akan semakin memperburuk fungsi ginjal. Karena obat-obatan kimia memberi efek samping langsung pada organ ginjal, sehingga membuat kerja ginjal menjadi lebih berat dalam memisahkan kandungan obat dan cairan tubuh yang harus dibuang.

Cara Mengobati Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal dan sejenisnya merupakan penyakit yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, dalam mengatasi dan mengobati penyakit batu ginjal tak harus selalu dengan cara pembedahan operasi atau cangkok ginjal. Dalam beberapa kasus, operasi mungkin memang diperlukan namun sebagian besar dari penderita penyakit batu ginjal yang menjalani proses pengangkatan atau cangkok ginjal tak sepenuhnya merasakan hal yang lebih baik.

Gambar bentuk batu ginjal
Banyak upaya yang dapat dilakukan dalam mengobati sakit batu ginjal dengan cara yang cukup sederhana tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal, diantaranya adalah :
1. Dengan terapi konsumsi air putih sebanyak-banyaknya
Pada dasarnya penyakit batu ginjal disebabkan oleh kurangnya konsumsi air putih secara rutin. Sehingga membuat organ ginjal mengalami peradangan dan kekurangan cairan yang kemudian membuat kumpulan zat kalsium membentuk batu ginjal baik di dalam ginjal maupun di saluran kandung kemih yang kemudian membuat beberapa penderita penyakit batu ginjal mengalami kesulitan atau keluhan saat buang air kecil.
Ketika dilakukan pemeriksaan, umumnya dokter akan melihat gejala dan tanda-tanda yang dialami dari penderita penyakti batu ginjal, jika penyakit batu ginjal masih dalam stadium awal atau normal dapat disembuhkan kemudian dokter akan menganalisa dan memberi saran untuk melakukan terapi air putih atau konsumsi air putih secara rutin setiap harinya minimal 1-2 liter per hari atau lebih disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan tubuh akan cairan.
Namun jika kondisi penyakit batu ginjal ini parah, maka dokter akan menganalisa melalui sample darah atau air seni di laboratorium jika diketahui dan dinyatakan positif terserang batu ginjal dan sejenisnya, dokter akan menyarankan untuk melakukan perawatan dan pengobatan dengan cuci darah atau cangkok ginjal atau pengangkatan batu ginjal yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Oleh karenanya penuhi kebutuhan tubuh dari cairan yang berasal dari air putih, dengan konsumsi air putih setiap harinya secara rutin merupakan salah satu langkah terbaik dalam mencegah, mengatasi dan mengobati penyakit batu ginjal dan sejenisnya. Dengan mengkonsumsi air putih yang berfungsi dapat membantu menghancurkan batu ginjal, mengeluarkan racun dalam tubuh bersama air kemih.
2. Konsumsi buah semangka dan melon
Semangka dan melon mengandung zat yang sangat baik bagi kesehatan fungsi organ ginjal. Dengan mengkonsumsi rutin kedua jenis buah ini yang dapat diolah menjadi jus atau dimakan langsung membantu memberi kenyaman dan mengurangi resiko terserang penyakit ginjal serta memberi rasa adem di dalam perut.
3. Minyak Zaitun + Lemon Juice
Minyak zaitun dan lemon juice dapat digunakan sebagai salah satu alternatif yang sangat baik untuk mengatasi dan mengurangi keluhan penyakit batu ginjal. Cara mengaplikasikan bahan tersebut adalah dengan mencampurkan miyak zaitun dan jus lemon dengan perbandingan yang sama dan minum secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar