Epidemiologist

Epidemiologist
Epidemiologists help with study design, collection and statistical analysis of data, and interpretation and dissemination of results (including peer review and occasional systematic review). Epidemiology has helped develop methodology used in clinical research, public health studies and, to a lesser extent, basic research in the biological sciences

Minggu, 06 Oktober 2013

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Tomat termasuk salah satu makanan yang menyehatkan di muka bumi ini. Sebagian orang menganggap bahwa tomat adalah buah dan sebagian lainnya menganggap sebagai sayuran. Namun terlepas dari itu semua, yang pasti tomat adalah makanan yang mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena tomat menawarkan sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh.

img

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Tomat ( solanum lycopersicum syn ) merupakan type buah sayur yang di nikmati oleh beberapa orang yang amat popular dipakai dalam berbagai jenis salad,misal sebagai campuran sambal ataupun di nikmati dengan sebagai jus. Tomat mempunyai kandungan vit. c yang lebih tinggi dibanding jeruk. menurut pada penelitian diketahui bahwa tanaman tomat yang berwarna merah sarat dapat kandungan vit. c serta vit. a. semakin masak buah tomat, kandungan vit. nya pun semakin banyak.
Buah Tomat
Tidak hanya kaya vitamin, buah tomat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya :

1. Menangani anemia
Lemah, letih serta lesu yaitu sebagian sinyal tanda saat seseorang mengidap anemia atau penyakit kurang darah merah. tak perlu buru-buru beli obat atau suplemen penambah darah yang mahal, namun cukup hanya mengonsumsi dua buah tomat 1 hari. tomat memanglah memiliki kandungan banyak zat besi yang mempunyai tugas penting saat meningkatkan sel darah merah. konsumsi tomat tiap-tiap hari dengan teratur, tubuh kita dapat jadi sehat serta bugar.

2.Melindungi kesehatan jantung
Tekanan darah tinggi serta kolesterol bisa diminimalisir dengan kalium serta vit. B yang ada pada tomat. selain itu senyawa ini juga bisa menghindari pernyakit yang lain layaknya stroke serta serangan jantung.

3.Mempercantik kulit
Tingginya jumlah lycopene bikin tomat amat baik dipakai untuk perawatan kulit. Lapisi kulit muka anda dengan sisi dalam kulit tomat serta diamkan sepanjang kurang lebih 10 menit. lantas basuh dengan air bersih. muka dapat tampak bersih serta bercahaya saat itu juga. kerjakan dengan teratur setiap minggu.

4. Rambut berkilau
Tidak hanya untuk kecantikan kulit, rambutpun bisa mendapatkan manfaat luar biasa dari tomat. anda cukup makan tomat dengan teratur dikarenakan kandungan vit. A didalamnya membuat rambut terus kuat serta bercahaya.

5. Melindungi diri dari UV
Kandungan lycopene didalam tubuh tomat yaitu antioksidan alami yang sangat kuat, zat ini berperan membuat perlindungan diri dari cahaya uv yang amat beresiko.

6. Meredakan diabetes
Study yang dulu dikerjakan oleh journal of american medical assosiation menunjukkan bahwa konsumsi sekurang-kurangnya 2 tomat tiap-tiap hari bisa kurangi stres oksidatif diabetes tipe 2.

7. Menyehatkan mata
Kandungannya dapat vit. A yang demikian tinggi, tomat yaitu makanan yang pas untuk menambah kekuatan penglihatan anda. tomat dapat melindungi mata dari risiko penyakit rabun senja.

8. Mencegah kanker
Penelitian menunjukkan bahwa kandungan lycopene yang dimiliki tomat bisa kurangi risiko kanker prostat pada pria, kanker perut serta kanker usus besar ) lycopene dikira sebagai antioksidan alami yang bisa menolong menghentikan perkembangan sel kanker. serta yang lebih menarik lagi, tomat yang dimasak bisa menghasilkan semakin banyak lycopene dari pada tomat mentah..

Kandungan nutrisi dalam tomat

  Buah tomat mempunyai nama ilmiah Licopersicum Esculentum, dan merupakan buah asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah tomat sering kita jumpai dalam berbagai menu masakan maupun dalam bentuk jus. Tomat dikategorikan sebagai buah yang berkeluarga dekat dengan kentang, hanya saja berwarna merah saat matang. Buah tomat adalah jenis buah yang mempunyai kandungan vitamin yang cukup banyak sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh anda.
Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh
Vitamin yang terkandung dalam buah tomat berdasarkan penelitian, buah tomat yang telah masak / matang memililiki berbagai kandungan vitamin di antaranya adalah sebagai berikut :
a. Kalsium = 5 mg
b. Vitamin A  = 1500 SI
c. Kalori + 20 kal
d. Vitamin C = 40 mg
e. Protein = 1.0 g
f. Lemak = 0.3 mg
g. Karbohidrat = 4.2 g
 Satu sajian tomat mentah (sekitar 150 gram) mengandung vitamin A, C, K, folat, dan kalium. Tomat secara alami rendah akan sodium, lemak jenuh, kolesterol, dan kalori. Tomat juga mengandung tiamin, niasin, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan tembaga, di mana semua kandungan tersebut sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Selain itu, seporsi tomat menyediakan 2 gram serat, yang merupakan 7 persen dari jumlah asupan serat harian yang disarankan. Tomat juga memiliki kandungan air yang relatif tinggi.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Secara umum, makan buah dan sayuran, termasuk tomat, sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan lain sebagainya. Lebih dari itu, ada beberapa lagi manfaat tomat bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum anda ketahui.

1. Menjaga kesehatan kulit
Tomat membuat kulit anda tetap sehat dan indah. Beta-karoten yang terkandung dalam buah tomat (juga ditemukan pada wortel dan ubi jalar), membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Buah tomat juga mengandung likopen, di mana senyawa ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, penyebab utama garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

2. Membantu tulang tetap kuat
Vitamin K dan kalsium dalam tomat sangat baik untuk memperkuat dan memperbaiki tulang. Likopen dalam tomat juga telah diketahui dapat meningkatkan massa tulang, dan hal ini sangat baik untuk mencegah osteoporosis.

3. Membantu melawan kanker
Tomat adalah pelawan kanker alami. Sekali lagi, likopen dalam tomat dinilai mampu dalam mengurangi risiko beberapa jenis kanker termasuk kanker prostat, serviks, mulut, faring, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus besar, dubur, dan kanker ovarium. Tomat mengandung vitamin A dan C, antioksidan yang sangat berperan dalam melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel.

4. Membantu mengatur gula darah
Manfaat tomat lainnya adalah dapat menjaga gula darah anda tetap seimbang. Tomat merupakan sumber yang baik dari kromium yang dapat membantu mengatur gula darah dalam tubuh.

5. Membantu meningkatkan daya penglihatan
Tomat dipercaya dapat meningkatkan daya penglihatan mata anda. Vitamin A dalam tomat memiliki peran dalam memperbaiki penglihatan dan membantu mencegah rabun senja. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah gangguan mata yang serius dan sulit untuk dipulihkan.

6. Menjaga kesehatan rambut
Tomat bahkan diketahui bermanfaat bagi rambut anda. Vitamin A dalam tomat dapat bekerja untuk membuat rambut anda tetap kuat dan indah.

7. Membantu mencegah batu ginjal
Tomat diketahui dapat membantu mencegah terjadinya batu ginjal dan batu empedu dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa batu ginjal dan batu empedu jarang terjadi pada orang yang rutin makan tomat tanpa bijinya.

8. Membantu meredakan peradangan
Jika anda adalah salah satu dari jutaan orang yang berurusan dengan penyakit yang melibatkan peradangan (seperti artritis atau nyeri punggung), konsumsilah tomat secara teratur. Tomat dipercaya dapat meredakan nyeri atau sakit yang anda alami. Hal ini karena tomat kaya akan bioflavonoid dan karotenoid yang dikenal sebagai agen anti-inflamasi. Nyeri kronis sering melibatkan peradangan kronis, sehingga menyerang langsung di bagian yang mengalami peradangan adalah cara yang baik untuk meredakan sakit yang anda alami.

9. Membantu menurunkan berat badan
Jika anda sedang menjalankan program diet, libatkanlah tomat ke dalam menu makanan harian anda. Tomat mengandung banyak air dan serat, yang memberikan rasa kenyang dengan cepat dan tahan lama tanpa menambahkan banyak kalori. Hal ini membuat tomat menjadi teman yang baik untuk menyukseskan program diet anda dalam menurunkan berat badan. Anda bisa mengonsumsi tomat sebagai camilan sehat atau melibatkannya pada menu makanan lain seperti salad, sandwich, sup, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar