Epidemiologist

Epidemiologist
Epidemiologists help with study design, collection and statistical analysis of data, and interpretation and dissemination of results (including peer review and occasional systematic review). Epidemiology has helped develop methodology used in clinical research, public health studies and, to a lesser extent, basic research in the biological sciences

Minggu, 06 Oktober 2013

Manfaat dan Khasiat Paprika Untuk Kesehatan

Gambar Paprika
Manfaat dan Khasiat Buah Paprika Untuk Kesehatan. Paprika memiliki nama latin Capsicum annuum L. adalah tumbuhan penghasil buah yang berasa manis dan sedikit pedas. Tanaman ini masuk kedalam suku terong-terongan atau Solanaceae. Buahnya yang berwarna hijau, kuning, merah, atau ungu sering digunakan sebagai campuran salad. Namun dibalik itu, paprika ternyata memiliki manfaat yang besar sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk kesehatan manusia karena di dalamnya terdapat berbagai macam senyawa yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan gizi yang paling banyak terdapat pada paprika adalah karoten, vitamin B serta vitamin C. Sedangkan dalam paprika hijau, tiap 100 gramnya mengandung protein 0.9g, lemak 0.3g, karbohidrat 4.4g, kalsium 7.0mg, besi 0.4mg, fosfor 22mg, vitamin A 540 IU, vitamin B1 22.0mg, vitamin B2 0.002mg, niacin 0.4mg dan vitamin C 160mg.

Paprika mengandung gizi yang sangat tinggi, terutama vitamin C. Kandungan vitamin C dalam paprika lebih tinggi dibandingkan dalam kandungan vitamin C dalam jeruk (30-50 mg per 100 gram). Di antara jenis paprika yang lain, paprika merah mengandung vitamin C paling tinggi yaitu 190 mg per 100 gram.

Khasiat kesehatan menakjubkan dari paprika


9 Khasiat kesehatan menakjubkan dari paprika 
Paprika adalah salah satu anggota keluarga besar dari cabai. Maka dari itu ada sensasi rasa pedas ketika makan paprika. Selain bentuk dan rasanya yang unik, paprika pun memiliki banyak khasiat kesehatan yang menakjubkan.
  • Paprika sangat rendah kalori. Meskipun Anda menghabiskan secangkir penuh paprika, hanya ada 45 kalori di dalamnya. Namun porsi tersebut sudah mampu memberikan asupan vitamin A dan C harian.
  • Karena kaya akan vitamin C, makan paprika mampu menjaga kesehatan sistem imun dan keremajaan kulit. Di antara warna yang berbeda, paprika merah adalah yang paling banyak mengandung vitamin C.
  • Paprika, khususnya yang berwarna merah, juga mengandung phytochemical dan beta-carotene yang merupakan antioksidan dan agen anti inflamasi yang baik.
  • Capsaicin yang terdapat dalam paprika memiliki berbagai khasiat kesehatan. Misalnya menurunkan kolesterol jahat, mengontrol diabetes, meredakan nyeri dan inflamasi.
  • Jika paprika dimasak sebentar di api kecil, rasanya akan lebih manis dan nutrisi flavonoid di dalamnya bisa didapatkan secara maksimal.
  • Kandungan sulfur dalam paprika berperan dalam memerangi beberapa jenis kanker tertentu.
  • Paprika kaya akan vitamin E yang mampu menjaga kecantikan serta kesehatan kulit secara alami dari dalam.
  • Vitamin lain yang bisa ditemukan dalam paprika adalah B6. Khasiatnya bagi tubuh adalah menjaga kesehatan sistem saraf dan meregenerasi sel.
  • Beberapa enzim tertentu dalam paprika, seperti lutein, mampu melindungi mata dari katarak di usia senja.

  • Khasiat kesehatan lainnya yg menakjubkan dari paprika:

    1. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Paprika mengandung banyak vitamin C yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh. Vitamin C terlibat dalam beberapa proses penting tubuh, mulai dari mengangkut lemak, pengangkutan elekton dari berbagai reaksi enzimatik, pembuatan kalogen (protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang), pemacu gusi yang sehat, menjaga tingkat kolesterol, memelihara kekebalan, untuk penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal.

    2. Meningkatkan kualitas sperma
    Likopen dalam paprika ternyata juga bermanfaat untuk sistem reproduksi. Konsumsi likopen, terutama pada paprika merah, diyakini dapat meningkatkan kualitas reproduksi. Hal ini karena likopen meningkatkan jumlah sperma, menjaga struktur sperma, dan meningkatkan motilitas (pergerakan) sperma.

    3. Menjaga Kesehatan Mata dan kulit
    Mengonsumsi paprika akan membantu menjaga kesehatan kulit, mencegah ruam dan jerawat. Paprika yang mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menyembuhkan sakit mata sekaligus mencegah penyakit mata datang lagi.

    4. Membakar kalori
    Mengonsumsi paprika mempercepat metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori. Konsumsi paprika juga mengurangi berat badan karena diet lemak tinggi. Hal ini juga menyebabkan sekresi cairan pencernaan dan mencegah gangguan alat cerna.

    5. Mencegah kanker
    Paprika mengandung senyawa lycopene, tapi dalam jumlah yang lebih kecil. Lycopene mampu membunuh sel-sel kanker mulut. Peningkatan intake lycopene menunjukkan penurunan risiko kanker payudara, kanker prostat, pankreas, dan kanker colorectal.

    6. Penyubur Rambut
    Ekstrak paprika adalah salah satu penyubur rambut terbaik sekaligus menumbuhkan rambut baru. Paprika juga akan mencegah kerusakan mahkota Anda sekaligus membantu mempertahankan rambut tetap tebal.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar