Epidemiologist

Epidemiologist
Epidemiologists help with study design, collection and statistical analysis of data, and interpretation and dissemination of results (including peer review and occasional systematic review). Epidemiology has helped develop methodology used in clinical research, public health studies and, to a lesser extent, basic research in the biological sciences

Rabu, 07 Agustus 2013

Perkembangan anak 16-18 Bulan




Pada usia ini si anak sudah dapat berjalan dengan lancar. Perbendaharaan kata-katanya pun semakin banyak. Dan di usianya yang ke-18 bulan dia akan berjalan dengan berjinjit-jinjit dan mulai belajar berlari. Untuk ucapan kata-katanya pun semakin jelas. Satu hal yang aku coba untuk mengurangi kebiasaan buruk anakku yaitu bila dia masuk ke dalam lingkungan baru dan bertemu dengan orang-orang baru maka dia akan takut dan menangis. Untuk itu aku daftarkan dia ke sekolah Tumble Tots agar dia dapat bersosialisasi dengan teman-teman seusianya dan juga gurunya dan saraf motoriknya lebih terasah lagi. Sejauh ini dia sangat menikmatinya.
Pada usia ini si anak sudah dibiasakan untuk bisa mengkomunikasikan keinginannya. Termasuk bila dia mau minum susu. Sekarang bila dia mau minum susu dia sudah bisa bilang “Ma…mau susu”. Ataupun bila dia mau pipis dia akan bilang “mau pis” ataupun “mau pup”.
Pada usia 17 bulan konsumsi susu nya MORINAGA CHIL MIL nya berkurang untuk itu saya berkonsultasi dengan pihak MORINAGA dan akhirnya si kecil sudah bisa diganti susu nya menjadi MORINAGA CHIL KID yang tersedia dengan rasa vanila dan rasa madu. Untuk proses penggantian ini saya melakukannya dengan mencampurkan CHIL MIL tersebut dengan CIL KID dengan komposisi yang seimbang terlebih dahulu kemudian perlahan-lahan menjadi hanya CHIL KID. Contohnya susunya harusnya 2 sendok maka saya campur CHIL MIL 1 sendok kemudian CHIL KID nya 1 sendok. Setelah dilakukan beberapa minggu untuk penyesuaian usus nya terhadap susu CHIL KID barulah dia mengkonsumsi murni CHIL KID 2 sendok. Sekarang konsumsi susunya sudah kembali normal dan mengikuti petunjuk aturan yang ada pada dus susu.
Selain dari konsumsi susu, dia sangat menyukai jus buah yang menjadi selingan di waktu-waktu makannya. Dia sangat suka Jus Strawberry dan Jus Terong Belanda. Kebetulan saya ibu yang kurang menyukai buah-buahan berharap anak ku nantinya akan menyukai buah-buahan dan sayuran.
Ternyata sekarang dia sudah tumbuh besar bukan bayi lagi ya bu…Sekarang setiap bangun pagi dia pasti memeluk dan mencium ku…
Hal ini menjadi semangat ku setiap hari…


-Friskila Damaris Silitonga, SKEP, NS, MPH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar